Rabu, 15 April 2009

waWancaRa WaRtawan siSwa

BINTANG


HASIL WAWANCARA KU NIeh…

Uang saku adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk memenuhi segala kebutuhan termasuk untuk jajan yang merupakan kebutuhan yang nggak ada habisnya.
Muhammad Fathoni Eko Nugroho Putro , siswa kelas Unggulan XII IPA 1 SMA MTA SOLO pun tak malu-malu mengaku menjadi salah satu “ penerima “ uang saku dari orang tua nya.
“Buat aku,uang saku itu merupakan kebutuhan pokok,tapi kalo nggak dikasih juga nggak apa-apa,kalo uang saku yang dikasih orang tua ke aku masih sisa,sebaiknya disimpan aja,because investasi adalah masa depan,”ujarnya. “Aku juga harus pandai-pandai mengatur pengeluaran agar tetep bisa disisihkan ,”terang cowok kelahiran Sragen, 1 Januari 1992 ini.
Oni , sapaan akrab cowok yang menjadi mantan ketua OSIS di sekolahnya ini juga mengaku sebenernya uang saku itu nggak harus.”Umpama aku nggak dikasih uang saku , aku juga harus usaha , agar tidak mengharap terus pemberian dari orang tua, “tambahnya. Uang saku itu boleh di habiskan , tetapi habisnya itu untuk memenuhi kebutuhan itu adalah suatu kewajaran.
“ Sebenernya aku juga harus belajar mengatur uang saku, trus juga berlatih kerja, agar kita bisa memenuhi kebutuhan sendiri,” tutur cowok yang tinggal di asrama beralamat di Jalan Pepaya No 44 Masaran Sragen ini.
“ Menurut aku, agar bisa memenuhi kebutuhan yang mendadak, aku juga buat anggaran tiap hari nya ato ditulis secara rinci dan teliti, ada beberapa cara mengelola uang saku.
Pertama, untuk kebutuhan yang sangat penting, uang nya disimpan didalam amplop lalu ditulis untuk apa uang itu,” kata Oni yang punya hobi membaca ini.
Cara kedua buat nya adalah, uang disimpan dengan disisihkan terlebih dahulu,dan jangan diambil untuk kebutuhan lain.” Ini cara bagus yang digunakan untuk mengatur uang saku kita,” ujarnya. Saling berbagi ke temen itu juga juga sangat penting untuk dilakuin.” Kalo kita mau berbagi, saat kita butuh, pasti temen kita juga ,mau membantu. Juga saat kita tidak dikasih uang saku ,kita usaha untuk minjem temen dulu,” kata cowok yang sering ikut Olimpiade TIK ini. Yang paling penting adalah kita harus pandai mengatur uang saku.
Tapi Oni juga menambahkan, ada yang menganggap sebelah mata tentang uang saku .” Banyak presepsi uang saku itu hanya untuk jajan, oleh karena itu, selain untuk jajan,sisihkan buat menabung untuk hari esok,” ujar cowok penyuka warna biru ini.


By : HUdha _WASIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar